6 Spot Instagrammable di Makassar

08:33

Makassar merupakan kota teramai di Pulau Sulawesi, yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan. Tak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia, kota yang terkenal dengan sebutan Kota Angin Mamiri ini juga menyimpan beragam potensi wisata yang layak untuk dijelajahi. Ditambah lagi, Makassar merupakan pintu gerbang utama untuk menuju destinasi menarik lainnya di Sulawesi, seperti Tana Toraja, Taman Laut Bunaken, serta Wakatobi.
Sebagai kota wisata, beragam pilihan penginapan terbaik di Makassar pun pastinya bisa kamu temukan dengan mudah. Sebelum menjelajahi destinasi wisata lainnya di Sulawesi, tidak ada salahnya jika kamu mengeksplorasi tempat-tempat wisata di Makassar yang tak kalah keren dan instagrammable berikut ini. Penasaran? Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Pantai Losari

Source: jalur9.com
Salah satu destinasi utama yang tak boleh kamu lewatkan saat berada di Makassar adalah Pantai Losari. Sebagai ikon kota Makassar yang sudah sangat terkenal, pantai ini sering menjadi tempat favorit para wisatawan untuk sekadar bersantai sambil menikmati aneka sajian kuliner yang dijajakan di sekitar pantai.

Menjelang malam, Pantai Losari juga menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang sangat mengagumkan. Anjungan pantai dengan latar langit jingga dan matahari yang perlahan-lahan pulang ke peraduan seakan menjadi pemandangan yang wajib kamu abadikan dalam bidikan kamera.

Benteng Fort Rotterdam

Source: tribunnews.com
Benteng Fort Rotterdam merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545. Lokasinya tak jauh dari Pantai Losari, tepatnya di Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dulunya, benteng ini memiliki nama Benteng Ujung Pandang. Namun, ketika jatuh ke tangan Belanda, namanya berubah menjadi Benteng Fort Rotterdam. Di dalam kompleks benteng, terdapat 13 bangunan dan 5 menara yang tersebar di setiap sudut area benteng dan pintu masuk.

Jika dilihat dari atas, susunan bangunan-bangunan tersebut terlihat sangat unik karena berbentuk seekor penyu yang sedang merangkak ke arah laut. Tatanan tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Penyu sengaja dipilih karena hewan tersebut dapat hidup di air dan di darat, sesuai dengan Kerajaan Gowa-Tallo yang sukses berjaya di lautan dan di daratan.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WITA. Untuk masuk ke dalam, kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk sepeser pun, kecuali jika ingin ke Museum La Galigo yang biaya tiket masuknya sebesar Rp7.500 per orang.

Kawasan Chinatown

Source: Anything Jakarta
Berkunjung ke kawasan Chinatown Makassar juga bisa menjadi kegiatan liburan yang seru dan menyenangkan. Kawasan ini berlokasi di Jalan Irian, Nusantara, Makassar, tak jauh dari Benteng Fort Rotterdam dan Pantai Losari.

Kawasan Chinatown sendiri sebenarnya merupakan kota tua di masa Dinasti Ming, di mana sekitar abad ke-16, orang-orang dari negeri tirai bambu berkunjung ke pesisir pantai selatan sekitar Benteng Fort Rotterdam untuk berdagang.

Di sepanjang jalan kawasan Chinatown, kamu akan menemukan banyak bangunan tua dengan arsitektur khas Tiongkok. Karena keunikan dan keindahan yang ditawarkan, tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu spot hunting foto favorit para wisatawan ataupun fotografer-fotografer di Makassar.

Perkebunan Teh Malino

Source: Blog Reservasi

Perkebunan Teh Malino merupakan salah satu objek wisata di Makassar yang menawarkan panorama pegunungan dengan suasana yang sejuk dan asri. Lokasinya sendiri terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Gowa, Makassar, sekitar 90 kilometer dari pusat Kota Makassar.

Selain bisa menikmati pemandangan kebun teh, di sini kamu juga bisa mencoba beragam aktivitas seru seperti paralayang, bungee jumping, cross country running, bersepeda, serta menunggang kuda. Tak jauh dari Perkebunan Teh Malino, kamu juga bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata lain seperti Air Terjun Seribu Tangga, Air Terjun Tapakala, Lembah Biru, serta bungker peninggalan Jepang.

Pegunungan Karst Rammang-Rammang


Bagi kamu yang suka bertualang, Pegunungan Karst Rammang-Rammang harus masuk dalam daftar destinasi wisata di Makassar yang wajib dikunjungi. Lokasi tempat wisata ini terletak sekitar 40 kilometer di sebelah utara Kota Makassar, tepatnya di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Eksistensi pegunungan karst ini telah mencatat rekor yang mengagumkan, yakni menempati posisi ketiga sebagai gugusan pegunungan kapur terbesar di dunia. Memiliki luas sekitar 43 hektare, di tempat wisata ini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan kapur yang menjulang tinggi dalam berbagai macam bentuk dan ukuran serta hamparan sawah hijau yang menyejukkan mata. Sungguh instagrammable!

Pulau Lae-Lae


Pulau Lae-Lae - Akbar Mangindara - WordPress.com

Pulau Lae-Lae, atau yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Gussung Tallang, merupakan sebuah pulau kecil yang berjarak sekitar 1.6 kilometer dari pusat Kota Makassar. Untuk menuju ke sana, kamu bisa menyeberang dari dermaga yang berlokasi di depan Benteng Fort Rotterdam menggunakan perahu atau speed boat. Biaya sewanya pun cukup murah, hanya sekitar Rp15.000 sampai Rp30.000 per orang untuk satu kali penyeberangan.

Begitu menginjakkan kaki di Pulau Lae-Lae, kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih halus dan pepohonan kering yang berjajar di sepanjang pantai. Pemandangan inilah yang menjadi salah satu kekhasan dari Pulau Lae-Lae sehingga membuatnya terlihat unik dan berbeda dengan pantai-pantai lainnya.

Beragam kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di pulau ini antara lain adalah berenang, snorkeling, atau sekadar mengelilingi pulau sambil mencari spot-spot yang bagus untuk diambil gambarnya. Adapun fasilitas yang tersedia di pulau ini juga cukup lengkap. Terdapat tempat makan, gazebo, serta pondok penginapan dengan tarif per malam yang terjangkau.

Baca juga: Jelajah Pahawang

Itulah beberapa spot wisata instagrammable yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Makassar. Segera rencanakan liburanmu ke Kota Makassar dan pilih hotel terbaik di Makassar agar liburanmu makin seru.

*)

You Might Also Like

0 comments