Kelapa dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan

18:07

Kelapa tetap populer di daerah tropis selama lebih dari 4.500 tahun, dan orang Indonesia telah menggunakan kelapa dalam berbagai bentuk, seperti camilan sehat selama beberapa generasi sekarang.  Buah ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan yang bisa membuat kamu setia mengonsumsinya. Namun, jika kamu masih belum yakin, berikut tujuh manfaat kesehatan luar biasa dari buah kelapa yang akan membuat kamu ingin mengonsumsinya.


Gambar oleh moho01 dari Pixabay



1. Memberikan Lemak Baik

Meski memiliki khasiat menyembuhkan, banyak orang yang masih belum yakin apakah minyak kelapa cocok untuk kesehatan mereka karena mengandung lemak jenuh. Minyak kelapa murni diekstraksi dari kelapa matang dengan daging yang keras, sementara minyak kelapa terhidrogenasi dikumpulkan dan kemudian ditekan dingin pada suhu 100 derajat Fahrenheit. kamu akan menyukai minyak kelapa murni dan belum diproses. Minyak kelapa terhidrogenasi tidak boleh disalah artikan sebagai minyak kelapa extra virgin, karena keduanya sangat berbeda.

2. Kelapa Menurunkan Berat Badan

Jika kamu kesulitan menurunkan berat badan, maka kamu harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi kelapa. Walau tak seefektif kacang almond, kelapa mengandung asam lemak rantai menengah yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga meningkatkan metabolisme. Hal ini karena lemak tersebut akan terbakar sebagai energi dan tidak menempel di perut kamu. Jika itu tidak cukup, kelapa menjaga keseimbangan dalam saluran pencernaan kamu dan mendetoksifikasi tubuh kamu.

Kelapa tidak memiliki produk sampingan yang berbahaya untuk kamu khawatirkan, bahkan saat dipanaskan untuk memasak makanan seperti minyak nabati lainnya. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk  memasak, memanggang, dan juga membuat beberapa makanan penutup vegan yang paling enak dengannya. Cobalah bubuk santan dan minyak kelapa untuk memasak makanan.

3. Menjaga kamu Terhidrasi
Dengan mengonsumsi air yang terdapat dalam kelapa muda, kamu akan mendapatkan semua elektrolit yang kamu butuhkan. Air kelapa mudah adalah sumber elektrolit dengan nilai tertinggi, yang terutama bertanggung jawab untuk menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi. Air kelapa muda  juga akan menjaga saraf dan otot kamu berfungsi secara optimal.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Untuk menjaga kulit kamu tetap sehat dan awet muda, kamu dapat menggunakan kebaikan dari minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung antioksidan yang memperlambat proses penuaan dan melindungi kulit kamu dari radiasi berbahaya dari matahari. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa ke kulit kamu. Gunakan sebelum mandi agar minyak lebih mudah terserap melalui kulit setelah pori-pori kamu terbuka.

5. Kelapa Melawan Bakteri
Kelapa mengandung asam laurat, yang bila dicerna membentuk zat yang disebut monolaurin. Zat ini membantu melawan jamur, virus, dan bakteri untuk mencegah infeksi. Kelapa, bahkan, telah terbukti membantu membunuh bakteri. Bakteri seperti staphylococcus aureus  dan ragi  Candida Albicans, sumber umum infeksi jamur pada manusia.

6. Memastikan Gigi dan Tulang Sehat
Manfaat makan buah kelapa setiap hari adalah mendukung perkembangan kesehatan gigi dan tulang. Dengan demikian, kamu akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap mangan dan kalsium, yang penting untuk perkembangan tulang dan juga dapat membantu mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang menyebabkan tulang rapuh dan kurus sekaligus menyebabkan hilangnya kepadatan. Kelapa juga merupakan alternatif yang sangat baik untuk orang-orang yang tidak toleran laktosa.

7. Menghilangkan Infeksi Kulit Kepala
Sifat antijamur dan antibakteri yang akan melindungi kulit kepala dari kutu, ketombe, dan kulit kepala gatal, yang terutama berperan dalam mengurangi pertumbuhan rambut.

Untungnya, ada banyak resep di luar sana tentang cara kamu bisa memasak berbagai makanan menggunakan kelapa, jadi tidak mungkin kamu akan bosan dengannya. Begitu kamu tetap berpegang pada diet kelapa, tidak ada kata mundur!

You Might Also Like

0 comments